Jum'at, 03 Desember 2021 | Pukul
06 09-2021

33

Bobby Nasution Resmikan Ruangan ICU Khusus Covid-19

BERITA | Berita Pemkomedan | Kelurahan Besar | 06 September 2021

Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan ruangan ICU Khusus Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan, Jumat (3/9). Ruangan ICU Covid-19 yang merupakan bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan ini diharapkan dapat menjadi tempat perawatan pasien Covid-19 dengan kondisi gejala berat. Bobby Nasution juga menginginkan ruangan ini tidak harus penuh melainkan pelayanan kesehatan yang harus baik.


Dikatakan Bobby Nasution, Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam menyediakan tempat treatment di RSUD dr Pirngadi Medan. Gedung atau ruangan ICU Covid-19 ini sudah dapat digunakan dengan fasilitas 16 tempat tidur untuk dewasa dan 4 tempat tidur untuk anak- anak. Selain itu terdapat juga fasilitas kesehatan cuci darah.


"Saya mengucapkan terima kasih kasih atas bantuan yang diberikan kepada Pemko Medan dalam menyediakan tempat treatment. Fasilitas Kesehatan yang ada merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sedangkan bangunan fisik merupakan bantuan dari Kementerian PUPR," Jelas Bobby Nasution.


Bobby Nasution berharap setelah beroperasinya ruangan khusus pasien Covid-19 ini, bukan tempatnya yang penuh namun pelayanan kesehatan yang baik dan maksimal harus dilakukan oleh Jajaran RSUD dr Pirngadi Medan. Artinya dengan pelayanan yang baik maka akan mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.


"Mulai hari ini sudah beroperasi, tadi saya tinjau alat kesehatannya lengkap dan ruangan maupun gedung sudah sesuai dengan standar ICU rumah sakit. Artinya tempat ini sudah layak digunakan. Bukan harus Penuh, namun pelayanan kesehatannya yang harus baik" Ujar Wali Kota.


Bobby Nasution juga menambahkan, Syarat pasien yang dapat dirawat di ruangan ini adalah pasien yang terpapar virus Covid-19 dengan kondisi berat dan punya pengorbit sehingga penanganannya di dalam ruangan ini akan lebih intensif. Untuk BOR Bobby Nasution menjelaskan saat ini ketersediaan BOR kita sudah dibawah 60 persen tepatnya antara 56 persen. Dengan adanya ruangan khusus pasien Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan ini berarti jumlah tempat tidur akan bertambah.


"Saya sudah minta Pak Mardohar untuk memasukkan tempat tidur yang ada di ruangan ICU RSUD dr Pirngadi Medan ini sebagai data penambahan jumlah tempat tidur. Dengan begitu secata otomatis jumlah BOR di Medan juga akan menurun, karena bertambahnya jumlah ketersediaan BOR," Ujar Wali Kota Medan.


Sementara itu Dirut RSUD dr Pirngadi Medan, dr. Suryadi Panjaitan menjelaskan bahwa setelah diresmikan Wali Kota Medan, gedung atau ruangan ICU Covid-19 sudah dapat dioperasikan. Fasilitas yang ada dalam ruangan tersebut adalah 20 bed dimana 16 untuk dewasa dan 4 bed untuk anak-anak. Selain itu juga terdapat ruangan khusus pasien Covid-19 yang memiliki pengorbit seperti gagal ginjal. Artinya pasien Covid-19 dapat melakukan cuci darah di ruangan tersebut.


"Ketersediaan ruangan Khusus Covid-19 ini karena peran Wali Kota Medan yang begitu besar dengan meminta bantuan kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan. Tentunya setelah beroperasi kami akan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai arahan pak Wali Kota," Jelasnya.


Suryadi Panjaitan juga mengungkapkan masyarakat dapat langsung datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di ruangan ICU Covid-19 ini, tanpa adanya rujukan. Namun ruangan ini khusus pasien yang kondisinya gejala berat dan pasien yang lemah berdasarkan akurasi oksigennya. "Adanya ruangan khusus pasien Covid-19 ini sebagai antisipasi jika kasus Covid-19 naik. Sebab saat ini tingkat hunian pasien Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan saat ini sudah mulai berkurang dan banyak pasien yang sembuh," Ujarnya.


Peresmian ruangan ICU Covid-19 ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Wali Kota Medan. Selanjutnya Bobby Nasution bersama Perwakilan Kementerian PUPR dan Dirut RSUD dr Pirngadi, Plt Kadis Kesehatan, dr. Mardohar Tambunan meninjau ruangan ICU Covid-19 dan melihat fasilitas kesehatan yang tersedia.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan


Informasi Lainnya

Bobby Nasution Instruksikan UPT Dinas PU Kerahkan Personil Bersihkan Drainase 6.825 M/Hari

Bobby Nasution Instruksikan UPT Dinas PU Kerahkan Personil Bersihkan Drainase 6.825 M/HariSelengkapnya

Bobby Nasution : Keberagaman Jadi Potensi Untuk Membangun Kota Secara Kolektif

Bobby Nasution : Keberagaman Jadi Potensi Untuk Membangun Kota Secara KolektifSelengkapnya

Peresmian sistem master meter

Peresmian sistem master meterSelengkapnya

Ketua TP PKK Kota Medan Siap Bantu dan Sukseskan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2021

Ketua TP PKK Kota Medan Siap Bantu dan Sukseskan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2021Selengkapnya