Minggu, 05 Desember 2021 | Pukul
11 10-2021

21

Jenguk Bayi Penderita Astresia Bilier, Wali Kota Medan Minta Masyarakat Doakan Untuk Kesembuhannya

BERITA | Berita Pemkomedan | Kelurahan Besar | 11 October 2021

Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu Bobby Nasution menjenguk bayi penderita Astresia Bilier di RS Adam Malik Kamis (7/10) malam. Bayi perempuan berusia tujuh bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah ini diboyong setelah gerak cepat Bobby Nasution meminta bayi tersebut dibawa ke RS Adam Malik untuk penanganan kesehatan yang lebih maksimal.


Saat tiba di RS Adam Malik sekitar pukul 23:00 WIB, Bobby Nasution dan Ny. Kahiyang Ayu langsung menuju ruangan Unit Gawat Darurat tempat bayi penderita Astresia Bilier dirawat. Kondisi anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia, Kecamatan Medan Area ini terlihat sangat memperhatikan dengan kondisi perut yang membesar akibat gangguan pada hatinya.


Dari keterangan Olivia, ibu bayi penderita Astresia Bilier, bahwa buah hatinya Aiyla mengalami kelainan sejak lahir dengan kondisi tidak adanya saluran empedu. Hal ini didasari oleh penjelasan pihak RS dr Pirngadi yang merupakan tempat pertama Aiyla dirawat. Awal Aiyla dirawat saat usia empat bulan sudah mulai terlihat bagian perut yang terus membesar diawali dengan mata yang menguning.


"Berdasarkan diagnosa dokter harusnya Aiyla sudah dioperasi pada usia 2 bulan. Namun karena ketidakmampuan dan saat ini usia Aiyla sudah 7 bulan maka sudah telat untuk dilakukan operasi," kata Olivia saat menjelaskan kepada Bobby Nasution dan Ny. Kahiyang Ayu.


Mendengar penjelasan orang tua Aiyla ,Bobby Nasution dan Ny. Kahiyang Ayu merasa sedih dan prihatin. Apalagi melihat kondisi bayi penderita Astresia Bilier yang sangat memprihatikan. Sambil menahan sedihnya Ny. Kahiyang Ayu pun meminta kedua orang tua Aiyla untuk tetap bersabar dengan cobaan ini.


Selanjutnya Bobby Nasution didampingi Plt Kadis Kesehatan, dr. Mardohar Tambunan dan Camat Medan Area Hendra Asmilan, melakukan komunikasi dengan tenaga Medis RS Adam Malik. Sejumlah opsi pun dibicarakan untuk penanganan dan kesembuhan bayi penderita Astresia Bilier, salah satunya adalah membawa Aiyla ke Jakarta untuk dilakukan transplantasi hati. namun ada kendala maupun kesulitan yang dihadapi yakni menemukan pendonor yang bersedia.


Usai menjenguk bayi penderita Astresia Bilier, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengungkapkan bayi tersebut sudah di diagnosa dan diperlukan penanganan kesehatan lebih lanjut. "Pokoknya kita semua doakan untuk adik dan anak kita Aiyla agar dapat diberikan kekuatan dan kesembuhan atas penyakit yang dideritanya," Pinta Bobby Nasution.


Terkait biaya Perawatan, Bobby Nasution mengungkapkan seluruh biaya Aiyla akan ditanggung oleh Pemko Medan." Pembiayaan Anak kita ini akan menggunakan Unregister Kota Medan," ujar Bobby Nasution.


Sementara itu Plt Kadis Kesehatan, dr. Mardohar Tambunan menjelaskan bahwa bayi penderita Astresia Bilier saat ini sudah ditangani dengan baik oleh dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis bedah. Karena Penyakit ini merupakan bawaan dari bayi, maka akan dilakukan transplantasi hati, namun bukan dilakukan di Medan melainkan di rumah sakit bertipe khusus seperti di Jakarta.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan


Informasi Lainnya

Bagi yang ingin vaksin silahkan mendaftar melalui kepala lingkungan masing masing.

Bagi yang ingin vaksin silahkan mendaftar melalui kepala lingkungan masing masing.Selengkapnya

Bobby Nasution Instruksikan UPT Dinas PU Kerahkan Personil Bersihkan Drainase 6.825 M/Hari

Bobby Nasution Instruksikan UPT Dinas PU Kerahkan Personil Bersihkan Drainase 6.825 M/HariSelengkapnya

Bobby Nasution : Keberagaman Jadi Potensi Untuk Membangun Kota Secara Kolektif

Bobby Nasution : Keberagaman Jadi Potensi Untuk Membangun Kota Secara KolektifSelengkapnya

Peresmian sistem master meter

Peresmian sistem master meterSelengkapnya