Jum'at, 03 Desember 2021 | Pukul
27 05-2021

130

PUNIK CENGGO

PROGRAM UNGGULAN | PROGRAM UNGGULAN | Kelurahan Besar | 27 May 2021

PUPUK ORGANIK ECENG GONDOK

Kelurahan Besar adalah salah satu Kelurahan yang memiliki perumnas yang dinamakan Perumnas Griya Martubung I yang dibangun mulai tahun 2000 dengan lahan seluas + 120 Ha terdiri beberapa sarana dan prasarana yang telah diserahterimakan kepada Pemko Medan pada tahun 2002.

Tetapi masih ada slah satu sarana terbesar yaitu danau laguna yang belum diserahterimakan kepada Pemko Medan dan saat ini sedang proses serahterima. Danau buatan ini diperuntukkan dahulunya untuk resapan air disekitar Perumnas, akan tetapi seiring waktu dan perkembangan kepadatan penduduk sehingga danau ini tidak terawat ataupun terpelihara sehingga menimbulkan kesan kumuh, kotor pada danau seluas + 10 Ha dimana 8 Ha ditutupi oleh enceng gondok. Menjadi sebuah isu aktual dimana enceng gondok ini semakin banyak berkembang dan efenya adalah pendangkalan air sehingga fungsi Danau Laguna yang tadinya sebagai wadah resapan air dari aliran drainase menjadi tersumbat dan mengakibatkan banjir jika musim penghujan tiba. perlu diketahui bahwa eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga dapat merusak lingkungan perairan antara lain meningkatkan evapotranspirasi (penguapan dan hilangnya air melalui daun-daun tanaman) sehingga Danau tersebut dirasa perlu dimanfaatkan agar bisa menjadi daya tarik serta meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Tentunya banyak manfaat yang dapat diambil dari eceng gondok tersebut dimana salah satunya menjadikan eceng gondok menjadi pupuk organik karena kondisi Kelurahan Besar sebagian besar masih ada pertanian sehingga sangat membantu kegiatan masyarakat dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa eceng gondok bisa menjadi limbah yang sangta bermanfaat bukan sebagai sampah.

Kelurahan Besar dalam hal ini bekerjasama dengan Kelompok Tani Binaan Kelurahan Besar yang bernama "Karya Baru" dan juga Yayasan Budaya Hijau dimana sangat mendukung bagaimana eceng gondok dapat diolah sehingga dapat dikurangi volumenya dan menjadi bermanfaat.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar, menciptakan kreativitas masyarakat, mendukung penghijauan dan menciptakan produk lokal. Proses yang dilaksanakan adalah Kelurahan dibantu Kecamatan melakukan pembinaan kelompok masyarakat dalam mengolah eceng gondok menjadi pupuk organik, pupuk cair dan hasil kerajinan tangan yang diharapkan dapat bernilai ekonomi yang menambah pendapatan masyarakat. kegiatan ini diprakarsai oleh Lurah dan Camat bersama tokoh masyarakat tentang solusi memanfaatkan Danau Laguna agar lebih berguna dan memiliki nilai sehingga lebih tertata. untuk saat ini produk yang telah diproduksi adalah pupuk "Laguna Komposiana" berbahan baku eceng gondok dan campuran pupuk cair yang berasal dari buah dan sayur untuk proses fermentasi. Hasil ujicoba dilaksanakan kepada tanaman sayur dan telah diuji coba di laboratorium pertanian. Pupuk organik ini saat ini telah telah menjadi komoditas unggulan lokal Kecamatan Medan Labuhan dibidang pertanian. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pembinaan kepada Kelompok Tani tentang pembuatan pupuk cair, pembuatan kerajinan tangan dan pengembangan lainnya seperti biogester dari eceng gondok bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Medan, Universitas Harapan Medan dan Yayasan Budaya Hijau Indonesia. Rencana selanjutnya adalah menjadikan Danau Laguna menjadi Destinasi wisata Kota Medan sehingga menambah Pendapatan Asli Daerah dan meningkatkan nilai ekonomi wilayah sekitar. tahapan dimulai dengan pembuatan pupuk cair sebagai bahan fermentasi eceng gondok, pengumpulan bahan baku eceng gondok, peletakan dalam wadah tertutup untuk proses fermentasi dan pengemasan produk pupuk untuk dipasarkan. Tahap pemasaran pupuk oragnik ini masih melingkupi kebutuhan pupuk sekitar Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan.  


Informasi Lainnya

Bobby Nasution Instruksikan UPT Dinas PU Kerahkan Personil Bersihkan Drainase 6.825 M/Hari

Bobby Nasution Instruksikan UPT Dinas PU Kerahkan Personil Bersihkan Drainase 6.825 M/HariSelengkapnya

Bobby Nasution : Keberagaman Jadi Potensi Untuk Membangun Kota Secara Kolektif

Bobby Nasution : Keberagaman Jadi Potensi Untuk Membangun Kota Secara KolektifSelengkapnya

Peresmian sistem master meter

Peresmian sistem master meterSelengkapnya

Ketua TP PKK Kota Medan Siap Bantu dan Sukseskan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2021

Ketua TP PKK Kota Medan Siap Bantu dan Sukseskan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2021Selengkapnya

TERPOPULER